Arsitek

Cara Desain Taman Dengan Nilai Seni Tinggi

Taman menjadi peran penting bagi sebagian kalangan, karena terdapat unsur keindahan dan kenyamanan untuk sebuah rumah. Dengan penataan taman yang unik dan artistik akan membuat orang yang melihat terkesan indah dan segar

Salah satu faktor yang menentukan keindahan sebuah taman adalah susunan dekorasi yang unik dan artistik.

Ada banyak jenis dan bentuk yang bisa diterapkan, dari segi penataan. Dekorasi taman bisa Anda buat sesuai dengan tema taman, namun dalam penataan taman tidak bisa sembarangan menggunakan furnitur atau elemen yang kurang menunjang. Hal ini justru bisa membuat keindahan taman rusak.

Menurut Herlin Wibowo, sebelum membuat taman yang bisa tampil artistik, sebaiknya tentukan fungsi taman yang akan diberikan dekorasi. Apakah fungsinya sebagai taman bersantai, taman bermain, atau taman hias.

Dalam menentukan fungsi taman, juga perlu diperhatikan luas lahan, hal ini berfungsi agar taman bisa enak dipandang. Nah, jika ingin mendekorasi tampilan taman agar terlihat lebih berseni bisa dengan cara sederhana, yaitu Anda bisa dengan menambahkan beragam warna dari tanaman bunga seperti anggrek, mawar, ataupun tanaman kembang sepatu. Dengan begitu, taman Anda akan terlihat tampak asri bahkan lebih natural.

“Memadu padankan jenis tanaman hias juga bisa membuat taman terlihat lebih berwarna dan menarik perhatian. Apalagi bila ditambahkan sedikit taburan batu koral yang kecil di pinggirnya,” ucap Herlin.

Adanya tanaman hias dapat memberikan kesan yang natural, seperti warna dan jenis tanaman rambat yang hijau dan segar juga bisa ditambahkan untuk aksen penghias di bagian tembok taman. Dengan adanya tanaman rambat, tembok taman Anda tidak terlihat sepi lagi.

“Menciptakan taman berseni atau artistik bukan hanya dari unsur tanaman hias yang berwarna seperti mawar. Tanaman hijau seperti rumput dan tanaman rambat juga bisa membuat tampilan taman lebih terlihat asri dan bernuansa,” ucap Herlin.

Sebenarnya untuk membuat taman indah dan artistik tidak hanya menggunakan tanaman, Anda pun bisa memberikan dekorasi lain, seperti lampu obor dari kayu yang bisa Anda letakkan di pinggir taman. Namun jika taman Anda luas bisa ditambahkan dekorasi furnitur kayu cantik atau bahkan gazebo kecil sebagai tempat bersantai saat sore hari.

READ  Tips Mudah Atasi Rumah Bocor Ala Aquaproof

Herlin menambahkan, menambahkan bangku atau kursi panjang di taman bisa memberikan nilai artistik tersendiri. Apalagi jika bangku taman dibuat sendiri. Bisa menggunakan bahan bambu bisa di fungsikan untuk gaya taman apa pun karena bambu bisa menghadirkan kesan natural.

Selain kayu, Anda bisa menggunakan bahan material semen untuk membuat kursi. Anda bisa membuat rangka besi sesuai dengan ukuran yang diinginkan, untuk penyanggahnya Anda bisa menduduk tanah agar kursi permanen kuat. Kursi permanen pun bisa diberikan variasi yang unik.

Untuk tempat duduknya, Anda bisa menggunakan bambu atau papan kayu yang dapat dibentuk sesuai seleram. Tidak hanya furnitur yang bisa Anda gunakan untuk pelengkap, hiasan alami seperti batu koral juga dapat menambah keartistikkan di bagian taman.

Batu-batuan ini bisa memberikan kesan taman Anda yang awalnya terlihat monoton menjadi sangat nyaman untuk dinikmati. Biasanya batu-batuan ini bisa Anda kaloborasikan dengan tanaman tertentu ataupun disebar sekeliling taman.

Batu yang bisa Anda gunakan berbentuk pipih dan halus di mana biasanya sering dipakai oleh orang desa untuk mencuci baju, atau juga bisa berupa batu kerikil yang bisa membuat taman Anda semakin berwarna dan nyaman untuk dinikmati.

Ide desain: https://udhargabangunan.com