Arsitek

Gunakan Tespen untuk Deteksi Baja Ringan Yuk

Masuk musim penghujan, warga diharap waspada dengan saluran listrik. Ditambah lagi, bila konstruksi tempat tinggalnya memakai baja ringan.

Masalahnya material bangunan ini buruk jika didekatkan atau ditempelkan dengan jaringan listrik seperti lampu atau kabel listrik yang lain. Bahkan juga, telah ada peristiwa seorang tersetrum sebab atap tempat tinggalnya memakai baja listrik.

Simak Juga :besi hollow

Ketua Umum AKLI DKI Jakarta Puji Muhardi menjelaskan, saluran listrik memang tidak dapat disaksikan kasat mata walau telah mengalir ke benda padat seperti baja ringan. Walau demikian ada banyak hal yang dapat dilaksanakan apa baja ringan di dalam rumah ada saluran listrik atau mungkin tidak.

Listrik

Salah satunya langkah yang sangat sederhana dengan memakai alat testpen listrik. Asal tahu saja, testpen dipakai untuk mengenali tidak ada atau adanya saluran listrik di satu penghantar listrik dengan sebentuk tanda lampu.

Bila ada listrik dihentikan contact atau kabel listrik, karena itu lampu Tanda akan berpijar. Begitu juga kebalikannya, bila tidak ada saluran listrik karena itu lampu Tanda tidak berpijar.

Langkah ini termasuk termudah untuk dilaksanakan untuk menghindar kesetrum listrik sebab ketidakjelasan ada saluran listrik di baja ringan. Karena langkah ini dapat dilaksanakan oleh siapa saja tak perlu mekanik spesial.

Disamping itu, mendapati alat ini lumayan gampang sebab banyak dipasarkan di beberapa toko atau mini pasar. Harga juga cukup dapat dijangkau sebab ada yang dipasarkan pada harga di bawah Rp10.000 per buah.

Baca Juga :harga  galvalum

“Saluran listrik tidak dapat disaksikan dengan mata harus memakai beberapa alat simpel untuk memeriksa konstruksi baja ringan atau bangunan lain ada saluran atau mungkin tidak dapat dengan tespen. Harga gampang dan murah belinya,” katanya

Puji menambah, baja ringan beresiko jika baja ringan itu teraliri oleh listrik. Tetapi bila cuman hanya baja ringan tiada tersentuh aliaran listrik, baja ringan tidak mencelakakan.

Oleh karenanya lanjut Puji, semestinya instalasi listrik terpasang dengan betul. Untuk menempatkan instalasi yang sesuai dengan tentu saja harus diberikan ke pakarnya serta bukan asal-asalan orang.

READ  Tips Belajar Melukis Online di Tengah Pandemi Corona

“Baja ringan tidak bisa nyetrum. Baja ringan baru dapat nyetrum orang jika konstruksi baja ringan itu teraliri listrik. Supaya tidak nyetrum instalasi listriknya harus di pasang secara benar oleh orang yang mempunyai kapabilitas di bagian itu,” tuturnya.