Arsitek

Ini Dia Alasan Semen Gresik Optimalkan Bahan Baku Ramah Lingkungan

PT Semen Gresik (SG) memaksimalkan pendayagunaan bahan baku serta bahan bakar pilihan atau Alternative Fuel serta Raw Material (AFR) untuk mensubtitusi bahan baku serta bahan bakar penting yang ramah lingkungan.

Penggunaan AFR diinginkan jadi jalan keluar pada persoalan sampah, kurangi emisi, serta sekaligus juga kurangi ketergantungan pada sumber daya alam tidak terbarukan.

Sima Juga  : harga semen

“Ada banyak bahan altenative yang dipakai, untuk bahan altenative fuels kami gunakan kain sisa, bag filter sisa sampai oli sisa. Sedang untuk altenative raw material kita pakai sampah minyak kelapa sawit sampai hasil pbakaraj batu bara dari pembangkit listrik,” kata Ahmad Zulaihan, Kepala Departemen Produksi & Perawatan PT Semen Gresik lewat launching yang diterima wartawan, Senin (5/10).

Selanjutnya Zulaihan menerangkan jika pemakaian AFR dalam proses produksi semen dapat juga mendesak emisi gas terutamanya CO2 serta ikut kurangi ketergantungan pada sumber daya alam tidak terbarukan. Dengan memakai AFR karena itu SG ikut berperanan dalam mendesak pemanasan global.

Disamping itu pengunaan alternative fuels (AF) dapat kurangi harga inti produksi sebab menyusutnya ongkos bahan bakar khususnya batu bara serta solar.

“Pabrik atau pemroduksi sampah bisa bersinergi dengan kami atas tiap ton yang dihilangkan yang kami estimasikan dapat capai 40 ribu sampai 50 ribu ton per tahunnya. Dari Januari sampai akhir Agustus tahun 2020 saja, sampah yang terolah capai 17ribu ton bertambah lewat proses polluter pay dengan nilai capai Rp 5 Miliar Rupiah,” katanya

Bila AFR dipakai di Pabrik Rembang, kata Zulaihan, karena itu makin memperkokoh bukti riil loyalitas perusahaan untuk industri yang hijau serta memerhatikan faktor keberlanjutan lingkungan.

Artikel Terkait :parket

Pendayagunaan bahan pilihan buat proses produksi tentu saja pasti jadi kesempatan usaha buat warga di seputar Pabrik Rembang untuk menyiapkan bahan AFR buat SG. Karena ke depan tentu saja benar-benar terbuka peluang untuk kerja sama juga dengan usaha kecil serta menengah yang ada di seputar Pabrik Rembang untuk penuhi keperluan bahan bakar pilihan.

READ  Merk & Harga Cat Tembok Anti Lembab | Dijamin Ampuh Lindungi Dinding!

“Sebab karakter bahan bakar pilihan ini umumnya akan manfaatkan sumber daya yang ada di seputar tempat pabrik,” ujarnya.