Alat Dan Bahan

Ini Menurut Arsitek, Penyebab Gedung Ambruk di Slipi

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia, Ahmad Djuhari, memandang beton lapuk pemicu gedung roboh di Slipi, Jakarta Barat, tidak logis. Gedung lima lantai itu roboh setengah dengan cara vertikal pada Senin, 6 Januari 2020

“Setahu saya kayu atau benda hidup yang lain dapat lapuk, tetapi jika beton kok dapat lapuk?” tuturnya menanyakan, Rabu 8 Januari 2020.

Menurut Ahmad, susunan beton yang terpasang dengan cara benar dan baik oleh kontraktor akan dapat bertahan 100 tahun. Ahmad mengatakan ketahui itu berdasar info dari beberapa pakar susunan yang dikatakannya kompeten mengenai bangunan.

Setelah itu, Ahmad menjelaskan, tiap gedung mempunyai sertifikat laik peranan yang tetap diperpanjang tiap lima tahun sekali dari pemilik gedung pada pemda ditempat. “Yang namanya sertifikat laik peranan, termasuk juga didalamnya ialah kelaikan susunan,” kata Ahmad.

Ahmad menyangka ada permasalahan dengan kemampuan susunan, serta untuk menentukannya harus ada penilaian dari team pakar kombinasi seperti susunan serta arsitektur. Peluang pemicu yang semakin dapat diterimanya ialah besi berkarat atau dasar amblas. Tetapi itu juga harus ditunjukkan team penilai itu.

Awalnya, Direktur Operasional Tubuh SAR Nasional (Basarnas), Budi Purnama, ungkap penilaian teamnya jika gedung roboh sebab alami pelapukan. Team Basarnas, menurut Budi, mendapatkan susunan tulang dalam gedung tidak terhubung keduanya.

“Ini telah kelamaan serta terlihat beton telah lapuk serta basah. Tidak aman,” kata Budi di tempat gedung roboh itu, Senin 6 Januari 2020.

Situasi pelapukan itu diamini oleh anggota pengamanan Basarnas DKI Jakarta Rifan Kusrianto. Dia mengatakan pelapukan itu dikarenakan aliran air yang tidak baik.

Disamping itu, berdasar hasil penyidikan sesaat, Kepala Bagian Balistik serta Metalurgi Forensik Puslabfor Polri Komisaris Besar Polisi Ulung Kanjaya menyebutkan gedung roboh empat lantai itu disangka sebab ada korosi atau kasustan besi kerangka bangunan.

“Hasil dari penilaian serta analisis awal yang dapat kami simpulkan untuk awal itu karena ada korosi dibanding air ke susunan beton hingga sambungan-sambungan tiang itu sudah alami pelapukan karena proses korosi,” kata Ulung di Jakarta, Selasa.

READ  Ini Dia Material Bangunan Lebih Baik Daripada Bata