Alat Dan Bahan

Ini Penyebab Pengeboran Tiang Pancang Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung Disetop Sementara

Semua pembuatan bored pile project Kereta Cepat Jakarta—Bandung akan disetop sesaat.

Hal tersebut jadi salah satunya ketetapan dari team Komite Keselamatan Konstruksi pascainsiden kebakaran pipa minyak punya Pertamina di Cimahi beberapa lalu.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat Syarif Burhanuddin menjelaskan jika PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) harus hentikan pembuatan pengeboran tiang pancang (bored pile) project Kereta Cepat Jakarta—Bandung s/d disepakatinya dokumen skema manajemen keselamatan konstruksi.

Masalahnya PT KCIC dapat dibuktikan lupa dalam pengeboran pancang yang pada akhirnya tentang pipa punya Pertamina serta pada akhirnya menyebabkan kebakaran.

“Pemicunya [kebakaran] sebab terkena bor. Sesimpel itu. Serta sebenarnya, sesuai persetujuan mereka sendiri [PT KCIC serta Pertamina], [pengeboran] cuma bisa dilaksanakan sesudah pipa itu direlokasi,” pada Usaha, Jumat (25/10/2019).

PT KCIC diharap agar lakukan penyelidikan serta analisa akar persoalan serta bertanggungjawab pada kerugian yang berlangsung serta diantaranya ialah perlakuan pada tanah yang terkontaminasi oleh bocoran minyak.

Namun, sampai sekarang ini, keseluruhan kerugian yang berlangsung dari kejadian itu belum dapat dinyatakan.

Searah dengan itu, PT KCIC, lewat info sah, sudah pastikan akan bertanggungjawab atas semua kerugian yang diakibatkan itu.

Komite Keselamatan Kosntruksi juga sudah mengundang PT KCIC untuk mempresentasikan dokumen skema manajemen keselamatan konstruksi pada Selasa (29/10/2019).

Isi dokumen itu didalamnya diterangkan secara benar serta tepat mengenai mitigasi efek kecelakaan konstruksi, termasuk juga kerusakan utilitas di bawah tanah di selama ruang pembangunan KA Cepat Jakarta—Bandung.

READ  Ini Dia Bukti Alquran Mengandung Segala Ilmu Pengetahuan