Alat Dan Bahan

Jangan Lewatkan Tips Agar Kolam Ikan Tidak Bocor

Pencinta ikan hias kolam mana suaranya ? Pernah gaK sich ngalamin kolam ikannya bocor ?

Tiap hari volume air dapat menyusut mencolok. Akhirnya tiap hari air harus diisi kembali lagi. Itu juga jika kita tiap hari di dalam rumah.

Jika misalnya harus keluar kota hari-hari dan status rumah kosong, duhh kebayang dong bagaimana kepikirannya sama ikan-ikan kecintaan di dalam rumah yang terancam mati sebab air kolam yang jadi kering sebab kolam bocor.

Eitss jangan cemas. Kesempatan ini Bangkapos.com akan share panduan nih bagaimana mengatasi supaya kolam ikan hias kita bebas dari kebocoran.

Terutamanya buat yang ingin membuat kolam ikan baru, harus baca sampai habis.

Menurut salah satu pembudidaya sekalian peternak ikan koi asal Kabupaten Bangka tengah (Bateng) Asrul Roni, waktu membuat kolam hal yang paling penting ialah waktu proses pengacian.

Di saat proses pengacian semen sebaiknya laporkan acian memakai formasi 3:1 atau tiga arco pasir digabung dengan 1 sak semen.

Simak Juga : ukuran batako

Tetapi harus jadi perhatian material pengerjaan kolam memakai batu bata atau batako.

Bila memakai batu bata karena itu acian dapat sedikit tipis karena pori-pori batu bata lebih meeting.

Sedang bila memakai batako, makan acian harus lebih tebal karena pori-pori batako semakin besar.

Dan untuk pastikan acian itu betul-betul kering, karena itu harus didiamkan sepanjang tiga minggu bila musim kemarau, dan empat minggu di saat musim penghujan.

Langkah memeriksa apa acian itu telah betul-betul kering, pada di waktu malam hari dapat disaksikan apa hasil acian itu berembun atau mungkin tidak.

Bila tidak akan berembun karena itu langsung bisa masuk di step seterusnya yakni step pemberian cat landasan.

Untuk cat landasan asrul merekomendasikan untuk memakai damdex atau bahan kombinasi semen yang hasilkan lapisan, perekat, dan penambal air.

“Sesudah seluruh pengecatan dengan damdex rata dan rapi, di seluruh permukaan dinding kolam langsung terserang air, keringkan dahulu minimal empat hari,” tutur Asrul, belakangan ini.

READ  Ini Dia Dampak Pasang Banyak Terminal di Stop Kontak

Sesudah acian telah betul-betul kering baru masuk di step pengecatan pokok, nemun penting diingat saat sebelum dicat, yakinkan permukaan dinding kolam telah betul-betul kering dan bersih dari debu yang melekat.

Untuk catnya sendiri benar-benar dianjurkan untuk pilih cat spesial kolam atau cat yang memiliki kandungan epoxy, karena kecuali berwarna yang tajam dan mengkilat, cat memiliki bahan epoxy ini bisa dibuktikan dari sisi ketahanannya pada air, tidak beracun, dan aman buat ikan.

Baca Juga : harga batako

Teknik pengecatannya harus juga jadi perhatian, sebaiknya pengecatan dikerjakan sepanjang dua step.

Step pertama lapisi seluruh permukaan dinding kolam dengan cat itu, selanjutnya biarkan sepanjang lima hari.

Kemudian lapisi kembali cat pertama barusan dengan pengecatan step ke-2 , dan kembali lagi didiamkan sepanjang lima hari.

“Sebaiknya dicat dua lapis, lalu biarkan sepanjang lima hari, selanjutnya cat kembali untuk susunan ke-2 nya, dan keringkan sepanjang lima hari kembali,” terangnya.

Sesudah keseluruhan proses pengecatan sepanjang 10 hari, kolam yang telah dicat disiram-siram sama air, selanjutnya dibasuh.

Kemudian baru air kolam dan ikan kecintaan beberapa pembaca setia Bangkapos.com siap dimasukkan pada dalam kolam.