Alat Dan Bahan

Mantan Pegawai PLN Curi KWH Meter di Rumah Kosong

Barisan Satreskrim Polres Bondowoso meringkus seorang perampok ahli piranti listrik atau MCB serta KWH mtr. yang berada di beberapa rumah kosong. Andri Agus Setiawan alias Wawan (31), masyarakat RT 30 RW 7, Kelurahan Dabasah, Kecamatan Kota, ditangkap sesudah didapati mengambil dalam suatu rumah kosong yang berada di Perumahan Daya tarik Ijen Regency, Kelurahan Badean, Kecamatan Kota.

Dalam jalankan laganya, aktor menyamar untuk petugas PLN supaya tidak diduga masyarakat seputar.

Simak Juga : mcb listrik

“Wawan ini berseragam petugas PLN berwarna hijau untuk menipu masyarakat yang lihat. Karena laganya dilaksanakan sering dilaksanakan pagi hari,”tutur Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, pada mass media pada Kamis (30/8).

Modus itu dipakai sebab aktor awalnya memang sempat kerja untuk pegawai PLN dengan posisi tenaga pindah daya atau outsourcing.

“Terduga ini telah cakap karena bekas petugas PLN. Pertama ia menghancurkan KWH gunakan obeng. Lalu buka MCBnya memakai tang penggunting kabel,” lanjut Erick.

Sebelum jalankan tindakan perampokannya, terduga terlebih dulu lakukan survey dengan berkeliling-keliling ke beberapa titik di Bondowoso dengan memakai sepeda motor pribadinya. Maksudnya untuk cari beberapa rumah kosong yang dapat dicuri KWH meternya.

Mengenai seragam PLN yang dipakai terduga, adalah punya sendiri. “Itu seragamnya saat kerja di PLN,” lebih Kasatreskrim Polres Bondowoso, AKP Agung Ari Wibowo.

Artikel Terkait :tandon air

Hasil dari kontrol sesaat, selama ini telah ada 30 rumah kosong yang sempat dicuri piranti listriknya oleh aktor Wawan. Dari tangan terduga sendiri faksinya sudah amankan beberapa tanda bukti. Berbentuk satu unit sepeda motor, pakaian petugas PLN, beberapa perlengkapan untuk menghancurkan KWH mtr..

“Kita gunakan klausal 363 ayat (1) ke.5e KUHP, dengan intimidasi hukuman Optimal 7 tahun,” kata Agung.

READ  Begini Upaya Kompolnas Kritik Tajam Polisi Kasus Pemalsuan SNI Besi Siku