Bangunan

Memasang Ubin ke Pojok Dinding yang Tepat

Pemasangan lantai dinding harus dilakukan dengan benar untuk menghindari hasil akhir yang tidak bagus. Berikut ini adalah langkah-langkah pemasangan, baik ubin dinding interior maupun eksterior.

Cara memasang sudut internal
Langkah 1
Setelah Anda memotong ubin, periksa apakah cocok. Jika Anda perlu melakukan penyesuaian kecil gunakan file ubin. Jika Anda juga akan memasang dinding yang berdekatan, Anda tidak harus benar-benar akurat karena ujung-ujungnya akan disembunyikan oleh ubin di dinding yang lain.

Langkah 2
Gunakan ujung sempit penyebar berlekuk untuk menempatkan perekat di bagian belakang ubin yang dipotong. Kemudian tekan ke tempatnya sehingga sejajar dengan ubin yang berdekatan. Gunakan spacer jika perlu.

Langkah 3
Jika Anda memasang lebih dari satu dinding, lanjutkan ke dinding berikutnya. Jika tidak, Anda siap untuk mulai memasang dan menyelesaikan ubin. Untuk saran tentang ini, lompat ke bagian kami ‘Cara memasang dan menyelesaikan ubin dinding’.

Cara memasang sudut eksternal
Gunakan trim ubin untuk mendapatkan hasil akhir yang rapi di sudut eksternal. Ini juga membantu melindungi bagian tepi ubin dari ketukan, yang dapat merusaknya. Trim hadir dalam berbagai bahan, ukuran, warna, dan bentuk. Di sini kita menggunakan trim ubin tepi putih eksternal ¼ inci.

Langkah 1
Selesai memasang dinding pertama Anda.

Langkah 2
Gunakan pita pengukur untuk mengukur panjang tepi tempat Anda akan memperbaiki trim ubin.

Langkah 3
Ukur trim ubin dengan ukuran yang sama dan buat tanda di atasnya untuk menunjukkan di mana harus memotong. Gunakan gergaji besi untuk memotong trim ubin sesuai panjang yang Anda butuhkan.

Langkah 4
Tambahkan strip tipis perekat ubin ke dinding sampai menggunakan sekop berlekuk dan tekan trim ke dalamnya.

Langkah 5
Sejajarkan garis hiasan dengan ubin dinding pertama Anda. Letakkan dua spacer antara trim dan setiap ubin (satu di dekat bagian atas ubin dan satu di dekat bagian bawah) untuk memastikan ada celah untuk nat.

Artikel lain untuk referensi: harga keramik

Langkah 6
Letakkan lebih banyak perekat ubin di dinding yang dirajut dengan sekop berlekuk. Tambahkan perekat secara vertikal dari atas ke bawah untuk menghindari ketukan trim ubin pada tempatnya dengan gigi sekop berlekuk.

READ  Jenis-Jenis Rumah Kaca, Apa Saja Bedanya?

Langkah 7
Mulai ubin dinding kedua Anda, bekerja jauh dari trim sudut. Saat Anda memasang ubin di tempatnya, ingatlah untuk membiarkan jarak grouting yang sempit antara mereka dan trim. Masukkan spacer dan sesuaikan ubin saat Anda pergi, sehingga celahnya tetap sama dan trim tetap di tempatnya.