Rumah

Mengenal Semen, Mortar dan Beton Bangunan

Ada beragam jenis semen dan produk pra-campuran untuk dipilih. Memilih produk terbaik dan memilih rasio pencampuran yang tepat untuk pekerjaan itu bisa menjadi tugas yang sulit. Untuk membantu, kami telah menyusun panduan pembeli untuk semen, mortar, dan beton.

Dalam panduan ini, Anda akan menemukan banyak informasi berguna tentang produk. Serta panduan proyek tentang penggunaannya yang paling cocok, dan saran tentang campuran yang direkomendasikan.

Semen, mortar, dan beton sering disebut sebagai hal yang sama, yang tidak akurat. Istilah-istilah ini sebenarnya tiga bahan yang berbeda:

  • Semen adalah serbuk pengikat halus yang menyatukan material lainnya.

Semen memiliki berbagai kegunaan, dan digunakan untuk membuat beton, mortar, render, dan screed. Untuk membantu Anda memilih semen yang tepat untuk pekerjaan itu, kami akan membandingkan semen kami nanti.

  • Mortar adalah campuran semen dan pasir (ditambah air).

Mortar menempelkan bata atau balok bersama di dinding. Render adalah lapisan tipis mortar untuk melapisi bagian luar dinding. Mortar serba guna adalah campuran pasir, semen, dan air. Ditambah lagi, baik jeruk nipis terhidrasi atau plasticizer.

Baca juga artikel: cara menghitung luas bangunan

  • Beton adalah campuran semen, pasir dan kerikil, atau bahan kasar serupa lainnya, ditambah air.

Dalam proporsi yang berbeda, bahan-bahan ini menghasilkan beton dengan kekuatan yang berbeda untuk kegunaan yang berbeda. Sangat penting untuk mendapatkan proporsi yang akurat. Jika terlalu banyak agregat, Anda akan berjuang untuk menghasilkan hasil akhir yang memuaskan. Terlalu banyak pasir berarti campuran akan menjadi lemah, dan elemen-elemennya dapat merusak permukaan yang sudah jadi.

Untuk meningkatkan sifat kerja dan daya tahan beton dan mortar, Anda dapat menambahkan bahan tambahan. Bahan-bahan ini bisa berupa kapur, plasticizer atau bahan kimia bangunan lainnya.

Perlu dicatat bahwa Anda tidak dapat menggunakan semen sendirian. Anda perlu mencampur bahan lain dengan semen (dalam rasio yang tepat) untuk membuat campuran beton atau mortar Anda.

Mengetahui materi mana yang terbaik untuk proyek Anda, pada rasio yang benar, sangat penting untuk membuat proyek Anda sukses. Jika Anda tidak ingin mencampur Anda sendiri, ada berbagai beton dan mortar pra-campuran khusus untuk dipilih yang menyediakan alternatif sederhana.

READ  Tips Memilih Gudang yang Tepat untuk Rumah Anda