Alat Dan Bahan
pintu

Tips Memilih Pintu yang Sesuai dengan Struktur Rumah Kamu

Beberapa tahun belakangan ini, konsep rumah dengan desain minimalis memang sedang banyak digandrungi. Konsep minimalis mengedepankan pada penggunaan ruang yang minim dengan meminimalkan pula dekorasi dan penggunaan perabotan di dalamnya.

Selain itu, pemilihan warna pun bahkan diperhitungkan dengan hanya menggunakan satu warna yang dominan dan cenderung lebih netral. Dengan begitu kesan minimalis akan semakin terasa. Penggunaan konsep minimalis juga diterapkan dalam memilih model pintu. Model pintu minimalis bisa menjadi pelengkap yang sempurna untuk konsep ini.

Tips Memilih Model Pintu Minimalis

pintu

Pintu sebagai salah satu komponen dalam rumah yang memiliki peranan penting sebagai salah satu sistem keamanan bagi rumah. Tidak hanya itu saja, pintu juga memerankan fungsi estetika untuk mempercantik tampilan rumah ketika dilihat dari bagian luar.

Maka dari itu, dalam memilih pintu juga tidak boleh sembarangan. Cobalah melihat beberapa gambar pintu minimalis sebagai referensi jika Anda berniat menggunakan desain pintu minimalis.

Jika Anda menggunakan konsep desain minimalis pada rumah, maka akan lebih baik juga jika Anda memilih model pintu minimalis. Nah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih pintu rumah minimalis seperti yang disebutkan di bawah ini.

  1. Pilih Desain yang Sesuai

Jangan berpikir jika menggunakan model pintu minimalis, Anda akan mendapatkan desain yang sama antara satu pintu dengan pintu lainnya. Desain inilah yang akan membedakan antara satu pintu dengan konsep minimalis dengan pintu lainnya. Maka dari itu, pastikan Anda juga memilih desain pintu minimalis yang sesuai. Desain dasar dari konsep pintu yang minimalis adalah tidak menggunakan banyak detail pada pintunya.

  1. Memilih Bahan

Hal kedua yang tak kalah penting dalam memilih pintu minimalis adalah bahannya. Meskipun kayu masih menjadi pilihan utama, ada banyak juga bahan lain yang bisa menjadi alternatif pilihan. Misalnya bahan alumunium pintu besi minimalis juga bisa Anda jadikan alternatif lain yang tak hanya indah namun juga bisa bertahan lama.

  1. Memilih Warna

Hal selanjutnya bisa dibilang simpel namun bisa mempengaruhi tampilan pada pintu minimalis rumah Anda yaitu warna. Memilih warna pada daun pintu minimalis tidak berarti harus sama. Anda bisa menggunakan kombinasi warna atau mix and match warna dengan warna dinding sekitarnya.

  1. Sesuaikan Budget

Terakhir adalah sesuaikan budget Anda dengan model pintu minimalis yang diinginkan. Jangan sampai desain yang diinginkan melampaui budget yang disediakan. Misalnya jika ingin menggunakan pintu kayu minimalis, maka Anda juga harus menyediakan budget lebih karena pintu dari kayu biasanya lebih mahal.

READ  Desain Rumah Unik dari Genteng Bekas

Sebagai komponen paling luar dari sebuah rumah, pintu memiliki fungsi yang penting sekaligus fungsi estetika untuk mempercantik tampilan rumah. Salah satunya Anda bisa memilih menggunakan desain pintu minimalis. Desain ini bisa Anda aplikasikan tidak hanya pada desain rumah minimalis saja, namun juga bisa pada desain rumah lainnya.