Alat Dan Bahan

Yuk Intip Cara Memasang Atap Rumah Bebas Bocor

Atap seringkali dikatakan sebagai mahkota dari satu rumah. Masalahnya peranan atap pada umumnya dipakai untuk penutup dari keseluruhnya ruang di dalam rumah pada impak panas, hujan, debu, kotoran, serta angin.

“Terkait dengan hal itu, anda jangan asal-asalan dalam pilih atap. Atap harus sesuai dengan bentuk serta mode rumah. Karena, hal itu benar-benar punya pengaruh pada performa, ongkos, iklim, serta material yang dipakai,” papar Amelia Vina penulis buku Tempat tinggal Tampil Memikat dengan Atap serta Kanopi, Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Oleh karenanya, fungsi-fungsi atap dan panduan dalam menempatkan atap yang bisa dilaksanakan ialah seperti berikut.

Simak Juga :  Atap baja ringan

1. Untuk nilai seni rumah

Supaya satu atap nampak menarik serta dapat memberi nilai seni yang baik pada yang tinggal di rumah serta orang yang lihat, seharusnya atap yang dipakai sesuai dengan rumah serta sesuai dengan hasrat penghuninya.

Disamping itu, atap adalah komponen satu rumah yang memiliki nilai seni menguasai. Oleh karena itu, atap punya pengaruh dalam membuat satu rumah.

Dengan menimbang hal itu, karena itu pakailah atap bermutu baik, dapat memberi agunan keselamatan jiwa, dan membuat rumah tampil indah serta menarik.

2. Untuk peredam suara

Supaya terbentuk satu peredam suara yang baik, seperti untuk peredam suara petir, hujan, suara mesin pesawat terbang, kendaraan jalan raya, dan sebagainya, karena itu pakailah bahan yang tebal serta padat, seperti pemakaian darurat karang pinang yang memiliki kualitas tebal serta baik.

“Tetapi, bila anda ingin atap yang bermutu tebal, tapi dengan bahan yang mudah, anda bisa memakai atap yang dibuat dari aspal dengan kombinasi serat.” jelas penulis

Baca Juga : kuda kuda baja ringan

3. Untuk pelindung dari angin

Penyeleksian atap yang pas, baik, serta mempunyai standard kualitas ketebalan bisa memberi keselamatan jiwa. Disamping itu, sambungan material antarkomponen juga harus kuat serta kuat.

Disamping itu, tekankan jika material penutup teratur dengan cara prima, hingga tidak ada kebocoran saat hujan. Maupun waktu situasi cuaca jelek, terjangan angin yang kuat membuat atap lepas sendirinya.

READ  Ini Perabotan Rumah yang Mengandung Kimia Beracun

4. Untuk pelindung dari petir serta api

“Buat anda yang memiliki rumah di wilayah dataran tinggi, tidak ada kelirunya bila atap rumah dipasang penangkal petir untuk keselamatan jiwa anda.” tutur penulis.

Komponen dari penangkal petir itu bisa mengganti percikan bunga api jadi netral, hingga tidak gampang berlangsung ledakan serta kebakaran. Pilih bahan bermutu baik, seperti tembaga, kuningan, atau besi.

Disamping itu, sebaiknya memakai penutup atap yang dibuat berbahan yang tidak gampang terbakar, seperti send serta baja.

5. Untuk pelindung dari badai

Pakai bahan material yang bagus, bermutu, tebal, serta kedap air. Demikian perihal bahan pelapis antibocor, yang bisa diterapkan dengan cara bertepatan dengan penempatan atap supaya sambungan atap tidak gampang bocor.

Bentuk atap harus juga diperhitungkan supaya sesuai cuaca serta iklim ditempat. Pada wilayah tropis, pemakaian atap miring adalah jalan keluar paling baik. Karena, dengan bentuk ini, waktu hujan air secara cepat mengalir ke bawah tak perlu mengendap lebih dulu di atap.

Supaya terlepas dari cipratan air hujan yang turun dari atap, sebaiknya bila di bagian bawah atap dikasih teritisan. Umumnya, teritisan itu dipakai pada rumah dengan ide kekinian yang beratap miring.

Komponen tersebutlah yang membuat air hujan tidak tentang dinding dengan cara langsung. Karena, jika ada air hujan terus-terusan membasahi dinding rumah, makin lama dinding akan retak, ringkih, serta lembab.

6. Untuk pelindung dari cahaya matahari

Pemakaian atap miring mempunyai faedah yang semakin banyak dibanding mode atap yang lain. Karena, di bagian bawah atap, ada rongga yang cukup untuk perputaran udara serta berperan untuk pengusir panas.

Disamping itu, bahan material yang dipakai memberi fungsi tambahan dalam mencegah panas. Contohnya, pemakaian alat insulator dapat kurangi udara panas pada siang hari.

Tetapi, bila ingin memberi cela-cela kecil supaya cahaya matahari bisa masuk ke rumah, khususnya sisi rumah yang tidak berjendela, atap terbuka serta kaca berlaminasi yang diletakkan di bagian yang jarang-jarang terserang cahaya matahari menjadi jalan keluar, hingga cahaya matahari yang masuk ke rumah tidak terlalu berlebih.

READ  Polisi Didesak Usut Aktor Utama Kasus SNI Ilegal