Alat Dan Bahan

Yuk Intip Harga Kawat Bronjong Per Roll Mulai Rp 60 Ribuan

Pada musim hujan seperti sekarang ini, keinginan kawat bronjong umumnya akan bertambah. Kawat penahan batu atau gabion itu umumnya dipasarkan per roll serta ada dalam variasi kawat bronjong galvanis serta kawat bronjong PVC. Harga kawat bronjong per roll cukup beragam, bergantung ukuran serta berbahan.

Untuk contoh kawat bronjong galvanis (galvanized hexagonal wiremesh) dengan ukuran panjang 6 mtr. serta lebar 90 cm dipasarkan pada harga Rp 60 ribu per roll. Selanjutnya ada juga ukuran 2 x 1 x 0,5 mtr. berdiameter 2,7 mm serta ram 25 x 25 cm dibandrol dengan harga Rp 190 beberapa ribu. Sedang untuk kawat bronjong PVC diameter 2,7 mm dipasarkan mulai harga Rp 569 beberapa ribu sampai Rp 1,4 juta-an.

Salah satunya pengrajin kawat bronjong di Kampung Warung Barang RT01/04 Desa Cibeureum Kecamatan Cugenang namanya Miftah mengutarakan dalam satu hari bisa menghasilkan lebih dari 30 lembar bronjong. “Nah, musim-musim hujan sama seperti yang baru mulai ini, umumnya keinginan bertambah. Saat ini telah mulai ada kenaikan,” kata Miftah seperti dikutip Tribunnews.

Tidak cuma layani keinginan dari Cianjur, Miftah layani pemesanan dari beberapa daerah lain seperti Bogor, Garut, Tasik, atau luar Jawa Barat seperti Lampung. “Kualitas kawat tentukan harga. Kawat nomor 12, harga Rp 80-90 ribu. Jika kawatnya lebih baik, kawat 8 harga dapat capai Rp 200 ribu per lembar,” katanya.

Kawat bronjong sendiri umumnya banyak digunakan untuk menahan erosi dengan terpasang di tebing, pinggir sungai, atau dekat jembatan. Baik bronjong PVC serta galvanis pada intinya saling kuat, karena tingkat kemampuan dari bronjong itu bergantung proses dari aplikasinya. Pengerjaan kawat bronjong sampai sekarang ini masih ada yang memakai langkah manual serta ada juga yang sudah memakai skema pabrikan (dengan mesin pabrik).

Kawat bronjong ini nanti dipakai untuk membungkus bebatuan yang diatur untuk menahan longsor serta banjir. Dengan skema ini, air yang masuk lewat celah-celah bebatuan akan dilanjutkan ke peresapan tanah, hingga dapat meminimalkan peluang longsor atau banjir.

READ  Ini Penyebab Pengeboran Tiang Pancang Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung Disetop Sementara